Rabu, 29 Mei 2013

Mengenal Foreshock

Foreshock atau Gempa yang terjadi lebih dulu sebelum Gempa utama adalah kejadian yang sering terjadi pada kejadian Gempa besar. Kejadian ini juga sangat penting karena ilmuan bisa mengetahui bahwa lempeng itu kembali aktif. Foreshock bisa saja terjadi dengan skala besar maupun kecil, Foreshock juga bisa terjadi di jauh-jauh  hari sebelum Gempa utama.



Contoh 
Contohnya adalah pada Gempa Jepang 2011, Foreshock gempa ini terjadi tanggal 9 Maret 2011  atau tepatnya 2 hari sebelum gempa utama  yang berkekuatan 9.0 Mw. Gempa foreshock ini berkekuatan 7,3 Mw mengakibatkan Lempeng itu semakin kritis dan akhirnya pecah dan menghasilkan gempa 9.0 Mw. Selain itu pada gempa 26 desember 2004 gempa foreshock ini terjadi dengan kekuatan 7.7 SKR pada 2 tahun sebelum gempa. Gempa ini berpusat dengan episenter gempa 26 desember 2004 jadi gempa ini dijadikan Forehock. Selain itu Gempa Chile 2010 juga mengalami Foreshock dengan kekuatan kecil sebelum gempa.

 Animasi Foreshock

Bila kalian tadi melihat Animasi tersebut kalian bisa tau bahwa Foreshock bisa terjadi dalam jumlah banyak dan skala yang kecil.

Biar semakin jelas



Sekian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar