Jumat, 13 September 2013

Macam - Macam Bencana Katastrofik (Catastrophic Disaster)

           Bencana, Bencana Sering diidentikan dengan sesuatu yang buruk. Bencana bisa terjadi kapan dan dimana saja, Bencana bisa diakibatkan oleh aktifitas Endogen (Dalam Bumi), dan Eksogen (Luar Bumi).

 Bencana bisa terjadi dengan skala kecil, sedang, besar, dan katastrofik kali ini saya akan membahas tentang Bencana Katastrofik atau dalam Bahasa Inggris Catastrophic Disaster. Sebelum saya menjelaskan macam-macamnya, Bencana Katastrofik  itu  adalah sebuah Bencana yang sangat-sangat besar yang bisa menyerang daerah yang luas atau mungkin 1 Bumi bisa kena efek dari Bencana Katastrofik. Dan macam-macamnya adalah : 


1. Mega Earthquake (Gempa Bumi Yang Maha Dasyat) 


Gempa Bumi mungkin mungkin adalah bencana katastrofik yang paling berbahaya karena gempa bumi bisa memicu bencana lain seperti  Erupsi Gunung Berapi, Tsunami, Longsor, DLL. Mega Earthquake atau Gempa Bumi Yang Maha Dasyat sebenarnya di Skala 7 Skala Rikter sudah termasuk Mega Earthquake jadi Gempa diatas 7 Skala Rikter suda di kategorikan sebegai Mega Earthquake, Mengapa begitu? karena Gempa 7 Skala rikter sudah bisa membunuh 300.000 orang di Gempa Haiti 2010 dan 700.000 orang di Gempa Thangsan, China tahun 1976 padahal kekuatannya hanya 7.8. Kedua gempa saja sudah membunuh  ratusan jiwa gimana dengan kekuatan 8 dan 9 skala rikter?. Kekuatan 8, dan 9 biasanya tidak menimbulkan korban jiwa tapi menyebakn kerugian besar, Tsunami dan membuat aktifitas Gunung berapi kembali meningkat. Mega Earthquake tentunya sangat berbahaya sampai sekarang ini Gempa Terkuat yang pernah direkam terjadi pada 22 May 1960 di Chile dengan kekuatan 9.5 Skala rikter.


 

2. Mega Tsunami  


Mega Tsunami adalah Tsunami yang terjadi dengan ketinggian diatas 100 meter kebanyakan Tsunami ini terjadi karena Longsor. Mega Tsunami tertinggi terjadi di Teluk Lituya, Alaska tahun 1952 karena Longsor yang diakibatkan gempa dengan kekuatan 8.6 Skala Rikter. Akibat Longsor itu terjadi Mega Tsunami setinggi 520 Meter.  Berikut Video & Gambar ilustrasi Tsunami tersebut :





Selain Megatsunami Lituya Bay.

  • Megatsunami tahun 1792. Letusan gunung Aso di Jepang menyebabkan bagian gunungnya jatuh ke laut. Menyebabkan tsunami setinggi 100 meter.
  • Megatsunami tahun 1963. Longsor diatas bendungan Vajont menyebabkan tsunami setinggi 250 meter dan membunuh sekitar 2000 orang.
  • Megatsunami tahun 1980. Letusan gunung St. Helens di Amerika Serikat, menyebabkan longsor. Lalu membuat Tsunami setinggi 260 meter
  • 65 juta tahun yang lalu. Saat tumbukan meteorit yang membentuk kawah Chicxulub, menyebabkan tsunami setinggi 3 kilometer. Cukup tinggi untuk menenggelamkan pulau seperti Madagascar. Tsunami tertinggi dalam sejarah, dan juga dijuluki "Ibu dari semua Tsunami".
  • 35 juta tahun yang lalu. Tumbukan meteorit di teluk Chesepeake, mungkin menyebabkan megatsunami yang berulang- ulang. 

3. SuperVolcano (Gunung Berapi Super)  


 

SuperVolcano adalah Letusan Gunung Berapi yang memiliki VEI (Volcanic Explocity Index) diatas 7. SuperVolcano memiliki kekuatan yang amat dasyat karena letusan ini bisa membuat Zaman Es dan Kepunahan. Indonesia sendiri juga mempunyai 3 SuperVolcano yaitu Gunung Tambora yang meletus tahun 1815 memiliki VEI 7, Gunung Rinjani yang meletus tahun 1258 dan membuat VEI 7, dan yang terakhir adalah Toba SuperVolcano danau Toba adalah Danau Vulkanik terbesar dan terluas di dunia Danau Toba sendiri menghasilkan VEI 8 dan menghasilmaterial sebanyak 2800 Kilometer Kubik. Letusan yang terjadi 75.000 tahun ini juga membuat populasi manusia habis dan tersisa hanya 15.000 orang saja Zaman Es pun tutur terjadi. Letusan 75.000 di jadikan Letusan terhebat yang diketahui Manusia. 


Super Volcano di Seluruh Dunia 


Prediksi : sekarang Super Volcano di Yellowstone di Amerika di prediksi akan meletus bila terjadi maka 80% Amerika Utara termasuk USA dan Kanada akan tertutup abu dan bisa membuat Hewan & Tumbuhan Mati karena tertutup abu. 

4. Hypercane (Badai Super) 


Hypercane adalah badai yang sangat besar Ukuran badai bisa 1 Benua dan anginnya bisa berkecepatan 800 km/h . Bila anda menyaksikan film "The Day After Tomorrow" mungkin itu bisa menjadi sebuah Contoh bencana Hypercane. Badai ini bisa membuat jaman es dan memiliki Durasi berminggu-minggu. Tapi Hypercane hanya bisa terjadi bila suhu air laut sekitar 50 derajat celcius. Badai ini bisa membuat mata badai memiliki diameter 300 km dan memiliki awan setinggi 30km. 














Tidak ada komentar:

Posting Komentar