Rabu, 08 Mei 2013

Mengenal Tsunami & Earthquake Early Warning System

       Mungkin kalian sudah tau yang namanya Tsunami Early Warning System. Tsunami Early Warning System adalah Peringatan dini sebelum Tsunami datang. Biasanya Tsunami Early Warning System diaktifkan saat terjadi gempa besar bawah laut dengan kedalaman dangkal. dan biasanya tsunami datang 30 menit - 1 jam setelah gempa.



       Selain itu ada juga yang namanya  Earthquake Early Warning System yang mendeteksi kapan guncangannya sampai kota tertentu alat ini juga mengasih info tentang epicenter gempa dan skala intesitasnya. Teknologi ini diciptakan pertama kali oleh Jepang dan setiap ada gempa. SMS, Radio, Internet, Dan Televisi sudah memberitahu Epicenter dan daerah mana yang akan terkena guncangan padahal guncangannya belum terasa oleh orang . Berikut contohnya

     

Di video tersebut saat sedang berlangsungnya rapat Parlemen, Earthquake Early Warning System menyala dan beberapa saat kemudian gempanya baru berasa. Saat gempa terasa sangat kuat Channel tersebut menghetikan merekam dan langsung memberi info lanjut tentang gempa di Studio tersebut, saat gempa berhenti Pembawa Berita langsung memberi info tentang skala intesitas, epicenter, dan mulai jam berapa gempa terjadi . dan dalam hitungan menit Tsunami Early Warning System dikeluarkan.  

Cara Kerja 

cara kerja  Tsunami Early Warning System adalah berasal dari kekuatan gempa, Kedalaman dan yang pasti harus di bawah laut. BUOY, buoy adalah diciptakan untuk melihat ketinggian gelombang laut, alat ini akan mengasih info tentang ketinggian gelombang di daerah tertentu. alat itu selalu mengasih tau info ketinggian gelombang di pos pengamatan yang di darat. Indonesia memiliki BUOY yang berlokasi di  hampir semua laut di Indonesia. berikut Lokasi BUOY : 


saat terjadi kenaikan yang di perkirakan karena gempa dengan serontak BMKG atau pihak tertentu langsung menyalakan sirine Tsunami yang akan berbunyi di Pesisir yang berada di daerah yang akan terkena  dampak langsung. Tapi terkadang Tsunami hanya menimbulkan Tsunami kecil dan bahkan tidak terjadi.  

Cara kerja Earthquake Early Warning System adalah sebagai berikut 

1. bila 2 seismometer atau lebih mendeteksi gelombang P pusat Geologi setempat langsung membaca dan menganalisa. 

2. setelah di analisa dengan cepat pusat geologi setempat langsung mengirimkan info ke seluruh daerah  yang akan terkena langsung melalui TV, RADIO, dan HP sebelum Gelombang S datang. 

3. setelah sudah disiarkan tentang peringatan gempa warga diharapkan langsung waspada dan sudah siap dengan datangnya getaran yang lebih besar. 

4. jangka waktu antara peringatan gempa dan guncangan hanya sedikit bagi warga yang di dekat epicenter. 

Terima Kasih  

Wassalam

   







1 komentar:

  1. I am happy to find this post very useful for me, as it contains lot of information. I always prefer to read the quality content and this thing I found in you post. Thanks for sharing. California to launch nation\'s first statewide earthquake warning system

    BalasHapus