Jumat, 24 Mei 2013

Mengenal Megathrust

Megathrust atau dorongan kuat adalah salah satu nama yang diberikan untuk Zona Subduksi yang memiliki sejarah gempa yang memiliki banyak gempa berkekuatan 8,0 hingga 9,0  Contoh Sunda Megathrust yang berada di Sumatra yang membentang dari Selat Sunda hingga Kepulauan Nikobar, Sumatra memiliki 2 Gempa berkekuatan besar pertama pada tahun 1833 berkekuan 8,8 hingga 9,2 Mw, kedua tahun 2004 yang berkekuatan 9,1 Mw.


Megathrust juga memiliki masa depan yang menakutkan seperti akan terjadi Tsunami & Gempa besar. Di dunia banyak yang ilmuan yang memprediksi bahwa gempa selanjutnya akan terjadi Sumatera Barat dengan kekuatan 8,8 atau bahkan 9 skala rikter akan terjadi di situ. Selain di Indonesia Amerika juga berpotensi di daerah negara bagian Washington dengan kekuatan 9,0 SKR. Ketiga di Jepang daerah Kanto, Tokyo, dan Yokohama juga berpotensi gempa besar.  

Penyebab 

Penyebabnya adalah pergerakan divergen atau memiasah diri yang membuat Gempa megathrust. Setelah bergerak lempeng divergen akan menjadi lempeng konvergen yaitu lempeng yang bergerah di bawah lempeng yang satunya lagi, Setelah lempeng itu bergerak di bawahnya akan menjadi lambat bahkan terhenti gara-gara tersangkut oleh sesuatu. Karena lempeng yang dibawahnya terus bergerak lempeng yang diatan akan mengikuti gerakannya. Dan efeknya adalah pulau yang diatas akan menurun dan mengikuti pergerakan tersebut. bila lempeng yang diatas sudah dalam titik kritis lempengnya akan pecah dan mengahasilkan gelombang kejut yang besar dan bisa membuat Tsunami dan letusan gunung berapi. 

Yang sudah terjadi 

Gempa Megathrust yang awalnya hanya diprediksi dan ternyata itu terjadi adalah di Chile Gempa berkekutanan 8,8 Mw mengguncang Maule, Chile dekat dengan episenter gempa 9,5 Mw di Valdivia. Gempa Jepang 2011 yang hanya diperkirakan berkekuatan 8 ternyata terjadi 10 kali lebih besar dari yang dipekirakan.  

Antisipasi 

Antisipasinya adalah 

1. Membuat bangunan tahan Gempa 
2. Latihan gempa bumi 
3. P3K harus siap selalu 
4. Buatlah penahan lemari agar tidak jatuh 
5. TV & Radio sangat di butuhkan  untuk informasi tentang gempa 
6. Bila berpotensi Tsunami bawa barang yang penting seperti ( KTP,SIM,DOMPET,HP,BAJU, dan Perhiasan) 
7. Keselamatan adalah yang paling penting. 
8. Ikuti semua arahan dari orang terwajib. 

Sekian


Tidak ada komentar:

Posting Komentar