Rabu, 14 Agustus 2013

[History] Gempa Kobe 1995

 

Gempa kobe adalah gempa yang terjadi Di kota Kobe, Hyogo, Japan. Epicenter gempa ini terjadi di Pulau Awaji Dan berkedalaman 16 km. Gempa ini terjadi sekitar pukul 5.46 pagi pada tanggal 17 Januari 1995. Akibat gempa ini lebih dari 6000 orang tewas Dan 300.000 orang kehilangan tempat tinggal. Kali ini kita akan mengungkap penyebab gempa tersebut dan melihat kekacauan setelah gempa. Simaklah!


A. Gempa  

Pertama kita akan membahas tentang Gempanya, Gempa ini berkekuatan 6.8 dari USGS (United State Geological Survey) dan 7.3 dari JMA (Japan Metreology Agent). 

Gempa ini memiliki Skala Shindo 7 dan 10 di Skala MMI. Durasi gempa ini juga sebenarnya hanya sebentar yaitu hanya 20 detik. Pusat gempa ini berkedalaman 16 KM dan berada di Utara Pulau Awaji dan 20 km dari pusat kota Kobe. 

Gempa ini diakibatkan Oleh bergesernya Sesar Nojima.
Gempa ini juga memiliki 5 Foreshock yang berkekuatan relatif kecil dan terjadi sehari sebelum gempa utama terjadi.  Aftershock gempa ini juga sangat banyak dan kebanyakan berkekuatan diatas 4 SKR yaitu terhitung dari tahun 1996 terjadi 2522 gempa susulan.  

Sebutan gempa ini adalah The Great Hanshin Earthquake.

B. Kerusakan 

Dampak dari kerusakan Gempa sangatlah jelas di kota tersebut. Kerusakan kebanyakan terjadi di daerah Pemukiman yang berada di daerah Timur kota Kobe. Kerusakan kebanyakan Rumah Tradisional jepang karena Keberatan Atap. Dan mengapa mereka menggunakan atap yang berat? karena Kota ini juga jalur Badai atau Taifun dan bila atap rumah mereka berat mereka akan aman tapi kalau terjadi gempa mereka tidak aman, inilah yang di jelaskan oleh National Geographic di Acara Second From Disaster.

Liquifikasi, Kebakaran, dan Longsor pun juga terjadi tapi yang paling mematikan tentu saja Kebakaran,  Bahkan kebakaran ini membuat para pemadam kebakaran sampai mengambil air laut karena persediaan air sudah habis. Jalan layang Hanshin Expresway yang berada di Kobe pun Rubuh padahal jalan Tol layang ini bisa menahan gempa hingga kekuatan 8 SKR. Berikut foto kerusakan di Kota Kobe dan sekitarnya.











C. Kerugian 

Gempa ini adalah bencana Termahal kedua di dunia dengan Total kerugian 100 Milyar dolar US. Ekonomi Jepang Turun 2.5 persen pada tahun 1995 karena Bencana ini. 

D. Video 
























Tidak ada komentar:

Posting Komentar