Sabtu, 07 Maret 2015

10 Bandara Termegah di Indonesia





Bandara atau Bandar Udara adalah hal yang penting yang harus di punyai oleh suatu daerah, karena Bandara adalah pintu gerbang untuk menyambungkan daerah ke daerah lainnya bahkan daerah asing/luar negeri.

Di negara maju seperi Jepang, USA, UK, UEA,dll memiliki Bandara yang bisa dibilang "WUOW" contohnya bisa dilihat di bawah ini :

Kansai International, Osaka, Jepang

Heathrow international, Terminal 5, London, UK

JFK international, New York, Usa

Dubai International, Dubai, UEA

Sangat megah bukan? tapi, apakah indonesia bisa seperti itu? Tentu bisa. 10 Tahun belakangan ini Angkasa Pura 1 dan 2 mulai merenovasi semua bandara di Indonesia agar lebih megah, luas dan yang pasti membesaekan kapasitas penumpang, apron, dan pergerakan. Manakah yang paling megah? berikut 10 Bandara termegah di Indonesia menurut saya.

10. Bandara Internasional Hang Nadim, Batam


Bandara Hang Nadim yang berada di kota Batam ini ialah Bandara yang memiliki landasan pacu terpanjang di Indonesia yaitu sekitar 4025 M, melebihi bandara Soekarno-hatta. Bandara ini memiliki 8 Garbarata. dan pada tahun 2016 akan mampu menampung sekitar 16 juta penumpang/tahun.

09. Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang. 


Bandara yang selesai direnovasi pada tahun 2014 adalah bandara yang melayani daerah Sumatera selatan.

08. Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru 


Bandara yang memiliki huruf X seperti sumpit tersebut adalah bandara yang baru saja selesai direnovasi  pada tahun 2012 menjadi lebih sangat megah dan alasan perluasan dan renovasinya ialah untuk menyamput PON riau 2012. 

07. Bandar Udara Internasional Lombok, Lombok


Bandara ini adalah bandara yang sudah menyelesaikan 2 Tahap revitalisasinya, kemudian pada 2028 Bandara ini akan meneruskan revitalisasinya agar semakin megah dan membuat kapasitas, layanan , dan kemanan semakin baik dan berstandar internasional.

06. Bandar Udara Internasional Juanda, Surabaya 


Bandara terbersih dan tersibuk kedua setelah soekarno-hatta ini adalah pintu gerbang menuju Jawa Timur. Bandara yang semulanya hanya 1 gedung dan terbagi menjadi 2 yaitu A (Internasional) dan B (Domestik) ini sekarang sudah memiliki 2 terminal utam yaitu Terminal 1 yang berada di utara Landasan pacu dan Terminal 2 yang berada di selatan landasan pacu. 

05. Bandar Udara Internasional Sultan Hassanudin, Makassar.


Menurut saya, Bandara ini ialah bandara yang megah dan modern pertama di Indonesia. Bandara ini juga sebagai pusat Transit untuk terbang ke pulau Papua, dan Ternate. Dan bandara ini adalah salah satu Hub  Maskapai Garuda Indonesia. Bandara ini juga mengakulturasi antara budaya Toraja dan Konsep Modern. 

04. Bandar Udara Internasional Kuala Namu, Deli Serdang


Bandara megah ini adalah bandara yang menggantikan bandar udara internasional Polonia yang berada di pusat kota Medan. Bandara ini adalah bandara pertama yang terintegrasi dengan moda transportasi Kereta Api yang menghubungkan antara pusat kota Medan dan Bandara. Bandara ini dibangun agar Kapasitas bandara bertambah, jumlah apron lebih luas sehingga bisa menampung pesawat yang lebih banyak serta mencegah bertambahnya korban apabila terjadi kecelakaan seperti yang terjadi pada Mandara Airlines nomor penerbangan 91 yang menyebabkan 49 warga sipil yang tinggal di daerah jatuhnya pesawat tewas hal ini dikarenakan Bandara berada di kawasan padat penduduk,

03. Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Balikpapan


Bandara termegah di Kalimantan dengan kapasitas yang lebih besar dari sebelumnya, lebih modern, lebih hemat energi, dan apron yang lebih besar. 

02. Bandar Udara Internasional Ngurah rai, Denpasar



Bandara megah ini adalah awal dari perjalanan anda di Pulau Bali, bandara dengan struktur yang sangat modern tetap menampilkan khas dari pulau Dewata ini yaitu Gapura, Pura, Parkir yang mirip seperti Terasering dan artifak - artifak lainnya. Di terminal Internasional memiliki keindahan struktur yang sangat jarang dilihat oleh banyak orang dan di terminal Domestik menggunakan gedung yang dulu adalah Terminal Internasionalnya sehingga masih terlihat modern juga.

01. Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta, Cengkareng


Inilah bandara besar pertama di Indonesia, dengan arsitektur yang lebih menggunakan Khas Jawa ini menampung sekitar 50 - 60 juta pertahun. Bandara yang hingga saat ini memiliki 3 terminal dan 6 Sub-Terminal walaupun mungkin lebih jelek daripada bandara yang lain tetap saja bandara ini termegah di Indonesia. Soekarno hatta hingga saat ini masih menjalalani revilitasi bandara terutama Terminal 3. Terminal 3 yang bersebelahan Terminal 2 telah menyelesaikan Tahap 1, dan saat ini Angkasa Pura 2 sedang membangun Tahap 2 Terminal 3. Bila Terminal ini selesai maka setidaknya meringankan beban di terminal 1 dan 2. Berikut gambaran Terminal 3 


Beberapa minggu lalu saya baru saja dari Soetta dan struktur Terminal 3 sudah mulai terlihat strukturnya. Selain itu Angkasa Pura juga memiliki projek Grand Design Soekarno Hatta yang akan membangun 1 Landasan Pacu di Utara Terminal 2 dan 3 dan juga akan membangun Terminal 4 yang bentuk huruf H dan juga membangun gedung integritas untuk menghubungkan semua terminal. Berikut gambaran Grand Design Soekarno Hatta International Airport. 















Tidak ada komentar:

Posting Komentar