Jumat, 13 Maret 2015

Seismic Gap Indonesia



Seismic Gap, Seismic Gap adalah daerah dengan aktivitas gempa tinggi dan rawan namun salah satu daerahnya tidak aktif atau jarang terjadi gempa dalam jangka waktu yang lama. Hal ini dikemukakan pertama kali oleh Geologis Fedotov dan Mogi pada tahun 1969 saat memetakan gempa yang telah terjadi di subduksi Alaska - Aleutian.
"APAKAH SEISMIC GAP ITU ANCAMAN?"
Ya, Seismic gap adalah ancaman, karena kemungkinan besar daerah seismic gap itu memiliki kekuatan yang sangat besar. Sehingga apabila seismic gap itu melepas semua kekuatannya memungkinkan juga kekuatannya diatas 9 SKR. 

"APAKAH INDONESIA MASIH MEMILIKI DAERAH SEISMIC GAP, WALAUPUN BEBERAPA DEKADE TERAKHIR INDONESIA DILANDA GEMPA DIATAS 8 SKR?" 

Walaupun benar beberapa dekade terakhir indonesia dilanda gempa diatas 8 skr seperti di Banda Aceh (2004 & 2012), Sumatera Utara (2005), dan Bengkulu ( 2007) Tetap saja Indonesia memiliki Seismic gap yang tentu mengancam kota - kota besar seperti Jakarta dan Bandung. Salah satunya dan yang sangat berpotensi ialah Seismic Gap di Selat Sunda : 


Di beberapa postingan saya sudah sering menjelaskan bahwa Selat Sunda sangat rawan terjadi gempa berkekuatan diatas 8.5 skr. Seismic Gap ini mengancam Provinsi Banten, Bandar Lampung, DKI Jakarta , dan Jawa Barat, untuk DKI Jakarta mungkin hanya terkena dari efek getaran namun  apabila terjadi Tsunami skenario terburuknya ialah pesisir Jakarta seperti Jakarta Utara akan terkena Ombak setinggi 3 sampai 5 Meter dan membanjiri hingga daerah Monas.  

Selain di Selat Sunda terdapat daerah lain yang sempat menjadi heboh di kalangan ilmuan geologi sampai - sampai ilmuan geologi luar negeri tertarik untuk meneliti daerah ini. Seismic Gap ini berada di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. 

Gambar diatas kita bisa melihat bahwa Seismic Gap tersebut berada di pulau Siberut dan utara pulau Pagai Utara dan Pagai Selatan. Gempa terakhir yang dipercaya terjadi disini ialah pada tahun 1833 yang berkekuatan 8.7 - 9.2 Mw. Bila dihitung sudah 150 tahun lebih daerah ini tidak mengalami Gempa besar, Tidak seperti Seismic Gap lainnya yang berada di sumtera yang telah melepas energinya dalam beberapa dekade terakhir. Hal yang lebih menarik lagi, para geologis meneliti pulau ini dengan batu koral disana. Seperti apakah penelitian itu? tunggu postingan selanjutnya!

Selain di daerah Selat Sunda dan Mentawai, Masih ada bebrapa seismic gap lagi di Indonesia seperti di antara Selatan Jawa Timur dan Bali, Maluku Utara, dan Pesisir Utara Papua. Tapi, akhir - akhirnya akan sama saja yaitu akan terjadi dengan seizin Tuhan Yang Maha Esa.






1 komentar:

  1. Assalamualaikum wr. wb.
    adakah jurnal yang terkait prihal artikel di atas? atau jurnal tentang seismic gap di indonesia?

    BalasHapus