Selasa, 02 Juli 2013

Pusaran air raksasa di Tsunami Jepang

        2 tahun yang lalu gempa berkekuatan 9.0 Mw mengguncang Jepang, dan membuat Tsunami besar di pesisir timur Jepang. Tsunami ini bukan hanya berbahaya tapi unik dan aneh mengapa begitu? karena di daerah yang terkena ombak tsunami menghasilkan kejadian yang aneh yaitu pusaran air raksasa.  



        
 

Pertama kali saya tahu saya sempat kaget dan bingung yang hanya di benak saya hanyalah kok bisa???, Bahkan ada yang bilang itu nanti kalo kita bisa masuk kesitu bisa membuat kita ke dimensi lain. Padahal itu sudah bisa di jelaskan kenapa dan apa yang membuat sebenarnya ini diakibatkan turbelensi tapi kalo ingin lebih jelas baca yang satu ini.  berikut penjelasannya : 
Ketika mencapai pantai terjadi perubahan bentuk dari tembok air ini karena morfologi dasar air dan morfologi garis pantai. Ketika mendekati pantai kecepatan air yang tidak terganggu akan terus melaju, tetapi yang terganggu garis pantai akan berbelok. Belokan inilah yang akhirnya menyebabkan terbentuknya pusaran air. Inilah gambar yang dimaksud berbelok. Sumber


 

Durasi dari pusaran ini sangatlah lama tergantung dari banyaknya gelombang yang datang. Bahkan di USA ada yang membuat simulasinya dan membuat ilmuan kaget karena pusarannya memakan waktu beberapa menit untuk hilang. Di Tsunami tahun 2004 juga membuat fenomena ini tapi ini terjadi di pulah Koh Simillian di thailand berikut videonya : 


 

Bila anda melihat hingga selesai anda akan melihat pusarannya tapi bagi tidak ingin menontonnya akan saya tunjukan screenshotsnya. 


Biar semakin Jelas 


Pusaran ini bisa dilihat di menit antara 04:50 - 04:55.  

berikut video yang menjelaskan tentang pusarannya klik disini  

Demikian










Tidak ada komentar:

Posting Komentar