Sabtu, 23 November 2013

Topan, Badai, dan Siklon Apa Bedanya?

  


Beberapa Minggu yang lalu Topan besar terjadi di Filipina atau tepatnya di Provinsi Leyte dan Samar Topan ini bernama Haiyan hembusan angin diatas 300 kilometer per jam , dan Tahun 2012 terjadi Badai Sandy di Amerika yang menyebabkan kerusakan di Amerika Serikat bagian Utara kecepatan angin 185 kilometer per jam .  

Apa perbedaan Topan , Siklon, dan  Badai?
badai, siklon, dan topan merupakan fenomena cuaca yang sama. Ilmuwan hanya menyebutnya secara berbeda berdasarkan pada di mana mereka terjadi. Di Atlantik dan Pasifik utara, mereka disebut "badai", mengikuti nama dewa kejahatan Karibia, yakni Hurrican. Di barat laut Pasifik, angin yang memiliki kekuatan sama disebut "topan". Di tenggara Samudra Hindia dan barat daya Pasifik, mereka disebut "siklon tropis parah". Di Samudra Hindia bagian utara, mereka disebut "badai siklon parah". Di barat daya Samudra Hindia, mereka hanya disebut "siklon tropis". 

Untuk diklasifikasikan sebagai badai, topan, atau siklon, sebuah hembusan angin harus mencapai kecepatan 119 kilometer per jam. Jika angin badai mencapai 179 kilometer per jam, ia naik menjadi "badai intens". Jika sebuah topan mencapai 241 kilometer per jam, seperti yang terjadi di Filipina, maka ia menjadi 'topan super'.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar