Minggu, 27 Oktober 2013

Semua Tentang "Dieng"



Dieng, dieng adalah dataran tinggi di Jawa yang berada dua kabupaten yaitu Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Dieng adalah Gunung Api raksasa yang memiliki banyak kepundan atau kawah . Dibawah permukaan Dieng adalah daerah Vulkanik Aktif seperti Yellowstone dan Dataran Tinggi Tengger. 

ketinggian di Dieng rata-rata 2000 meter diatas laut, suhu berkisar 15-20 derajat selsius disiang hari dan 10 derajat celcius dimalam hari. 

Dieng memiliki 3 kawah yang sangat mematikan bila kawah itu menyembur atau meletuskan gasnya, karena gas di kawasan Vulkanik Dieng mengandung Karbon Dioksida yang sangat mematikan, ketiga  kawah itu adalah : 
  • Kawah Timbang
  • Kawah Sinilla 
  • Kawah Sibanteng
Kawah Timbang


Timbang adalah kawah yang terletak di dekat Sinila dan beraktivitas sedang. Meskipun kurang aktif, kawah ini merupakan sumber gas CO2 berkonsentrasi tinggi yang memakan ratusan korban pada tahun 1979. Kawah ini terakhir tercatat mengalami kenaikan aktivitas pada bulan Mei 2011 dengan menyemburkan asap putih setinggi 20 meter, mengeluarkan CO2 dalam konsentrasi melebihi ambang aman (1.000 ppm, konsentrasi normal di udara mendekati 400 ppm) dan memunculkan gempa vulkanik. Pada tanggal 31 Mei 2011 pagi, kawah ini kembali melepaskan gas CO2 hingga mencapai 1% v/v (100.000 ppm) disertai dengan gempa tremor. Akibatnya semua aktivitas dalam radius 1 km dilarang dan warga Dusun Simbar dan Dusun Serang diungsikan .  Aktivitas terakhir terjadi pada pertengahan 2013 disertai aktivitas gempa tremor yang tinggi. 

Kawah Sinilla 


Kawah Sinilla adalah kawah yang berdekatan dengan kawah Timbang. Pada tahun 1979 Kawah Sinilla meletus sangat besar akibat letusan di kawah ini, kawah Timbang juga menyembur gasnya. Kawah ini meletus dengan besar, letusan ini disertai gempa, letusan lumpur, gas beracun, tanah longsor dan banjir. 

Kawah Sibanteng 


Sibanteng terletak di Desa Dieng Kulon. Kawah ini pernah meletus freatik pada bulan Januari 2009 (15/1) menyebabkan kawasan wisata Dieng harus ditutup beberapa hari untuk mengantisipasi terjadinya bencana keracunan gas. Letusan lumpurnya terdengar hingga 2km, merusak hutan milik Perhutani di sekitarnya, dan menyebabkan longsor yang membendung Kali Putih, anak Sungai Serayu.
Kawah Sibanteng pernah pula meletus pada bulan Juli 2003. 

Selain kawah, Daratan Tinggi Dieng (DTD) juga memiliki danau Vulkanik yang biasanya memiliki ciri khas berwarna, sama seperti Danau Kelimutu Di pulau Flores. Inilah danau - danau di Dieng : 

1. Telaga Warna  

2. Telaga Cebong 

3. Telaga Merdada 


Dan Masih banyak lagi yang bisa kalian temui di Dieng. 

Sekian














Tidak ada komentar:

Posting Komentar