Rabu, 03 April 2013

SKALA MMI / Mercalli

          Mungkin bagi beberapa orang skala Mercalli sudah tidak asing di kuping mereka. Bagi yang belum tau Skala Mercalli adalah satuan pengukur kekuatan gempa bumi yang tanpa hitungan. Skala mercalli digunakan untuk mengukur seperti apa kerusakan dan apa yang mereka rasakan saat terjadi gempa. Tapi.. skala Mercalli sering kurang tepat dibanding dengan perhitungan magnitudo gempa, jadi sekarang skala Richter lah yang disebarkan luas untuk mengukur kekuatan gempa. Skala ini diciptakan oleh ilmuan vucanologi yang bernama Giusseppe Mercalli pada tahun 1902.      

         Setelah tadi kita mengenal Skala Mercalli sekarang saya ingi membedakan kekuatan skala rikter dan mercalli, apakah anda masih ingat dengan Gempa Yogyakarta 2006? kalau dari skala rikter mungkin kita beranggapan kecil karena skala rikternya 5,9 SKR menurut BMKG tapi kalau kita lihat dari Skala Mercallinya adalah 9. Sedangkan Gempa Sumatra April 2012 kita pasti beranggapan itu gempa besar karana berkekuatan 8,5 SKR tapi kalau kita lihat dari Skala Mercallinya adalah 7. Mengapa begitu? pertama jarak dan kedalaman. Gempa Yogya pusat gempanya di dekat pesisir pantai parangkritis dan kedalamannya 11,5 KM yang membuat gempa ini besar dalam skala mercalli adalah berada di dekat pulau jawa. Dan kalau gempa Sumatra pusatnya berjaraknya sekitar 300 km dari pulau terdekat walaupun kedalamannya lebih rendah dari gempa yogya tapi gempa ini sama saja bergerak 310 km untuk mencapai pulau terdekat.    

       Setelah tadi kita membedakan perhitungan skala rikter dan mercalli sekarang saya ingin menunjukan   level kekuatan Mercalli. silahkan dilihat  

 1 : Tidak terasa 
 2 : terasa di lantai atas gedung 
 3 : seperti ada truk besar lewat  
 4 : dirasakan semua orang dan membangunkan orang terkadang 
 5 : dirasakan semua orang dan banyak barang tejatuh dari rak atau lemari 
 6 : banyak dinding rusak dan retakan di mana-mana 
 7 : susah berdiri apalagi berjalan 
 8 : banyak bangunan yang tidak kuat runtuh atau rusak berat 
 9 : Pipa banyak yang putus dan bangunan modern rusak  
 10 : longsor terjadi di mana-mana rel kereta melengkung terjadi retakan besar di tanah. 
 11 : hanya sedikit bangunan yang bisa berdiri  
 12 : semua hancur, batu air dan krikil seolah terlempar ke udara terdengar suara gemuruh.   

Parah bukan? tapi apapun itu skalanya yang penting kita harus berdoa kepada Tuhan yang maha esa agar tidak terjadi.  Demikian kalo ada kata-kata yang salah mohon dimaafkan, ada pertanyaan? comment saja!!.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar