Senin, 15 April 2013

Gelombang P & S

 Sama  seperti tsunami gempa memiliki gelombang juga yang disebut Gelombang P atau primer dan Gelombang S atau Sekunder. Kedua gelombang ini diakibatkan pelepasan energi dari lempeng tektonik yang salih bergeser atau patah. Mau tau perbedaannya? simak berikut,   

Gelombang P 
Gelombang P atau Primer adalah gelombang pertama dengan kecepatan 6-7 km/detik gelombang ini adalah yang tercepat & terlemah. gelombang ini dirasakan dari kecil atau sedang tapi terkadang gelombang ini akan dirasakan sangat kuat apabila gempanya bermagnitudo besar, contohnya di video ini. Skip ke menit 3:10


dalam Video diatas tepatnya dimenit 3:11 dibawahnya terdapat seismograf, gelombang P terdapat pada lonjakan garis pertama. bila kita lihat videonya guncangannya sangat luar biasa walaupun itu baru gelombang Paling lemah. Kejadian itu dikarenakan energi yang dilepaskan gempa itu sangat besar dan di Menit 3:11 itu mungkin berada di Bandara Sendai yang terkena Tsunami saat gempa jepang 2011. Sendai adalah kota besar yang paling dekat dengan Epicenter hanya sekitar 130 Kilometer dan daerah itu terkena Skala mercalli 8 yang artinya berat. berarti kalau gelombang P itu mengguncang jakarta dengan kekuatan yang sama pasti kerusakan di jakarta akan sangat parah dan di daerah bantaran Kali Ciliwang akan terkena longsor, Wallahua'lam. 

Gelombang S 
Gelombang S atau Sejunder adalah gemlombang kedua yang memiliki kekuatan yang besar dan bisa mengakibatkan guncangan besar. Penyebab Guncangan ini sangat besar adalah gempa ini membawa 75% kekuatan gempa dan kecepatan gempa ini adalah 3-4 KM/detik inilah gelombang terlambat. Bila kita lihat dari video di atas gelombang S berada padan Lonjakan garis kedua. bila kita lihat guncangannya itu sangat besar mampu mengoyok-ngoyok meja, lampu gantung dan foto. gelombang inilah yang membuat bangunan runtuh atau rusak. Gelombang ini bisa mengakibatkan gedung berayun, tiang listrik roboh, mati listrik, dan retakan di tanah. Bila Jakarta kena guncangan ini dengan kekuatan yang sama apa jadinya ya?.       

Saat sebelum Gelombang S datang kuatannya melemah sebenarnya itula saat-saat yang paling baik untuk menyelamatkan diri sebelum Gelombang S datang.     

Demikian dan Terima Kasih.       
  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar