Jumat, 19 Juli 2013

[History] Prince William Earthquake March 1964.


Prince William Earthquake adalah gempa terbesar kedua di dunia memiliki kekuatan 9.2 Mw atau beberapa ilmuan percaya kekuatannya 9.4 Mw. Gempa ini terjadi di Alaska, USA atau tepatnya +/-130 km tenggara kota Achorage. Gempa ini membuat Longsor , Liquifikasi , Kebakaran ,dan Tsunami, Gempa ini juga membuat sekitar 143 orang tewas dan kerugian sekitar 322 juta US Dollar. Berikut Tentang Gempa ini :  


1. Gempa 

Gempanya terjadi pukul 17.36 sore waktu alaska, pada saat itu lempeng Pasifik dan Alaska atau Aleutian Megathrust patah dan menghasilkan gempa berkekuatan 9.2 Mw dan langsung mengarah kota Anchorage dan membuat kota itu hancur berantakan. Gempa ini bahkan di perkiraakan Guncangannya bisa terasa setengah hingga seluruh bumi.

 
 

Gempa ini berkekuatan 11 di MMI atau Extreme. Gempa susulan terjadi hingga 3 Minggu lamanya dihari terjadi gempanya sendiri terjadi 8 kali gempa susulan besar dengan antara kekuatan diatas 6.2 Mw.


2. Tsunami  

Tsunami gempa ini juga tidak kalah menghancurkan gempa ini bahkan membuat Tsunami setinggi 67 meter dan membuat kerusakan besar di pesisir pantai di daerah Alaska bagian selatan. 

 
 

Tsunami ini juga menghasilkan tsunami di Kanada bagian Barat dengan ketinggian 1 - 2 Meter. Selain itu di Amerika tepatnya di Los Angles, San Francisco, dan Hawaii juga terdapat kerusakan kecil hingga sedang.  

3. Longsor 

Selanjutnya gempa ini juga membuat longsor terbesar di Anchorage. Longsor sendiri terjadi di sepanjang Knik Arm atau antara daerah Woronzof dan Fish Creek dan membuat kerusakan sangat besar. 

 

4. Video 









Tidak ada komentar:

Posting Komentar