Rabu, 05 Juni 2013

Mentawai Sudah Aman Dari Gempa?

Mungkin beberapa waktu lalu saya pernah menyampaikan kalo Mentawai berpotensi gempa berkekuatan 8,8 SKR. Tapi menurut saya Pulau yang memiliki pantai indah dan memiki ombak yang bagus itu sudah aman. Kenapa?  karena pulau ini sudah di guncang 9 gempa kuat yang terjadi dalam kurun 5 tahun. yang terparah adalah gempa  tanggal 12 September 2007 yang berkekuatan 8,5 Mw mengguncang Mentawai dan Bengkulu . gempa ini juga memicu Tsunami dengan ketinggian 1 meter. Dan esoknya gempa berkekuatan 7,9 Mw mengguncang Kepulauan Mentawai.


Kedua episenter gempa tersebut sangat berdekatan dengan Pulau Pagai utara dan Pagai selatan dan Bila dilihat melewati Google Earth Gempa pertama yang berkekuatan 8,5 Mw itu sejauh 155 KM dari Pagai Selatan dan Gempa Kedua yang berkekuatan 7,9 Mw Sejauh 64 KM dari Pagai selatan. Gempa ini 8.5 Mw patahnya saja sampai Pulau Pagai Selatan. Gempa kedua yang berkekuatan 7.9 Mw Gempa ini juga disebut gempa susulan dari  gempa 8.5 Mw dan selain itu di pulau Siberut Gempa susulan besar juga mengguncang dengan kekuatan 7.0 Mw.

Dengan bukti diatas bahwa kekeuatan gempa-gempa di Kepulauan Mentawai sudah di keluarkan pada Gempa 12 September 2007.  Berikut juga dengan lekukan subduksi yang berada di Kepulauan Mentawai
Perhatikan foto berikut :


Dilihat dari foto diatas bahwa lekukan yang berada di Mentawai hampir sama sekali tidak terlihat, Itu membuktikan bahwa Zona Subduksinya sudah mengluarkan kekuatannya. 
Sekarang perhatikan foto berikut : 


Bila dilihat dari foto diatas Lekukan di subduksi  Selat Sunda sangatlah keliatan  itu berarti Lempeng Selat Sunda menyimpan tenaga besar untuk membuat Gempa besar. Jadi kesimpulannya semakin banyak gempa di daerah itu semakin berkurang juga kekuatan gempanya dan akan kembali bergejolak pada 100-200 tahun kedepan dan itulah yang terjadi pada Subduksi Mentawai dan lainnya. 

             Tapi walaupun saya bilang Mentawai sudah aman tapi masih belum tentu juga karena gempa tidak bisa di prediksi. maka dari itu kita harus terus berwaspada dan terus berhati-hati. 

Pesan terakhir tapi masih banyak ilmuan atau pagar gempa yang bilang Subduksi Mentawai dalam keadaaan kritis dan beberapa menentangnnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar