Rabu, 05 Maret 2014

Letusan Gunung Kelud 2014

Tanggal 13 Februari 2014 jam 22.50 Pulau Jawa Dikagetkan oleh Erupsi Besar yang berasal dari daerah Jawa Timur yaitu Gunung Kelud.

Letusan Terjadi Sangat hebat dan mendadak karena belum lama sebelum meletus Tingkat Kewaspadaannya dinaikan menjadi AWAS atau Level 4 pada pukul 21.15 atau 1 Jam 35 menit sebelum meletus.


Letusan pertama yang terjadi pukul 22.50 membuat Suara Gemuruh, Gempa Vulkanik, Hujan Pasir/Abu, Hujan Kerikil/Batu, Dan Aliran Pirolastik.

Hujan Abu 

Hujan Abu letusan Gunung Kelud menurut saya pribadi sangatlah hebat, karena abunya sendiri berterbangan Hingga kota Bogor atau lebih dari 800 Km dari pusat kawah. Kota besar terparah yang terkena abunya adalah Yogyakarta, bahkan penduduknya bilang hujan abunya lebih parah ini daripada Letusan Merapi tahun 2010.





Dari keempat foto itu kita bisa melihat bahwa benar kalau Hujan abu di Yogya memang parah sekali. Dan Setelah letusan terjadi daerah Kediri atau kota kota yang dekat dengan kawah pusat Hujan abu sudah selesai dan langit tampak cerah sedangkan di Yogya sendiri langit masih gelap dan abu masih terus turun. Kenapa hal ini terjadi? mari kita simak bacaan di bawah ini : 

"Erupsi Gunung Kelud pada Kamis (13/2) pukul 23.30 WIB setinggi 17 kilometer dan melontarkan jutaan meter kubik abu vulkanik dan pasir. BMKG menganalisis, abu dan pasir pada lapisan 1.500 meter terbawa ke arah Timur Laut, pada lapisan 5.000 meter ke arah Barat Laut dan pada 9.000 meter ke arah barat," jelas Sutopo, Jumat (14/2/2014).

Menurut Sutopo, material abu dan pasir tersebut melayang-layang di atmosfer dan menyebar di daerah yang jauh dari Gunung Kelud. 

Wilayah barat, memang lebih banyak terjadi hujan abu dan pasir seperti di Pacitan, Ponorogo, Wonogiri, Bantul, Yogya, Sleman, Kulon Progo, Purworejo, Kebumen, Solo, Boyolali, Salatiga, Temanggung dan sebagainya yang terkena abu dan pasir belakangan waktunya.Sedangkan di bagian timur hujan abu hingga ke Malang, Surabaya, Banyuwangi dan Ampenan NTB. 


Informasi Tambahan


  • Selain Info diatas inilah informasi tambahan yang saya dapat. 



  • Pertama Skala letusan ini adalah 4 Dalam Volcanic Explosity Index (VEI) atau bisa disebut letusan PLINIAN. 



  • Dari info lain tinggi abu yang dikeluarkan oleh Gunung Ini Mencapai 20-25 KM dan berterbangan hingga jarak 1000 KM. 



  • Korban Jiwa akibat letusan ini sekitar 7 Orang . 



  • Setidaknya ada 8 Bandara yang ditutup karena Letusan ini yaitu Bandara Achmad Yani , Bandara Internasional Hussein Sastranegara, Bandara Internasional Adi Sutjito, Bandara Internasional Juanda, Bandara Abdul Rachman Saleh, Bandara Adi Sumarmo, Bandara Nusawiru, dan Bandara Tunggul Wulung.

  • Setidaknya Hampir seluruh SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi yang berada di lokasi yang terkena dampak erupsi Meliburkan Siswa/Siswinya.

  • Suara Letusan juga terdengan hingga Yogyakarta atau 200 KM jauhnya.



 ,


Tidak ada komentar:

Posting Komentar