Kamis, 14 November 2013

Super Typhoon Haiyan-Yolanda

 


Baru beberapa hari yang lalu kita mendengar adanya berita Badai Topan/Typhoon di Filipina. Badai itu bernama Super Typhoon Haiyan-Yolanda, kalo kita mendengar kata "Super" berarti itu pasti bencana yang besar. Ya benar bencana ini memang Sangat Besar dan Menghancurkan. Badai ini memiliki angin yang bertiup sangat Kencang bahkan kecepatannya  sekitar 315 Km/h melebihi kecepatan angin Badai Katrina yang terjadi di Amerika Serikat. 

Badai ini memiliki Kategori 5 atau kategori paling tinggi, badai baru bisa menembus kategori 5 apabila kecepatannya sekitar 256 km/h, sedangkan Badai Topan Haiyan berkecepatan 315 km/h. Kota yang paling hancur adalah Kota Tacloban di provinsi Leyte. Provinsi Leyte,Cebu, dan Samar adalah 3 provinsi yang terkena efek terparah akibat badai tersebut. Di Provinsi Leyte ada beberapa kota termasuk Tacloban yang hampir hancur parah. Di Provinsi Cebu ada beberapa kota yang 80-90% bangunannya hancur, dan di Provinsi Samar Kota Guian sebagian besar hancur.    

Akibat bencana tersebut Indonesia Memberi bantuan seperti Bantuan pesawat, Bantuan Logistik, Personel tentara, Air minum, Makanan, dan obat-obatan ( Sumber : Koran Tempo edisi : Rabu, 13 November 2013) .

Berikut Foto dan Video Badai Topan Haiyan 


Kapal yang Hanyut dibawa ombak kejadian kapal hanyat hampir sama dengan Bencana Gempa Bumi Tohoku 2011 dan Gempa Samudra Hindia 2004.






Pergerakan Badai tersebut di Filipina. Mata badai dengan secara langsung mengenai daerah Provinsi Leyte, dan Samar.


Daerah dengan efek terparah (Bulatan merah) . 


Sebelum dan sesudah Topan Haiyan.







Banyak orang bilang kerusakan Kota Tacloban mirip dengan Kerusakan di kota Banda Aceh setelah Tsunami 2004 . Kemiripan itu bisa anda lihat di foto yang berada di bawah ini :

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar