Minggu, 12 Mei 2013

Negara - negara yang terancam Tsunami dan Gempa

1. Amerika 


Yang pertama adalah tentu saja Amerika, Negara dengan sebutan paman sam ini bertemu dengan Lempeng Pasifik di bagian Barat negara tersebut. Setidaknya ada 3 tempat yang berpotensi Gempa dengan Magnitudo sebesar 9, 8, dan 7 SKR. Di Amerika 3 daerah itu terdiri dari : 


  1. Lempeng Cascadia
Lempeng Cascadia adalah daerah paling rentan dengan gempa berkekuatan 9 SKR lempeng ini bisa menghancurkan 3 kota besar di Amerika dan Kanada. Yaitu Seattle, Vancouver, dan Portland. Pada tanggal 26 Januari 1700 Gempa dengan kekuatan 8.7-9.2 menyebabkan Tsunami di seluruh pasifik termasuk Jepang. Dan memprediksi Gempa dengan kekuatan sama akan terjadi. Tapi pada tanggal 28 Februari 2001 gempa berkekuatan 6,8 SKR mengguncang Lempeng Cascadia dan menyebabkan 1 orang tewas dan 400 orang terluka. Sebelumnya tahun 1700 Lempeng ini diguncang 5 kali gempa. dengan rata-rata  jangka waktu 460 tahun. Lempeng cascadia didorong oleh lempeng yang bernama Juan De Fuca.

      2. Sesar San Andreas 


Inilah Sesar paling Terkenal di Amerika, sesar ini adalah sesar yang bertipe geser. Sesar ini sudah pernah mengguncang San Francisco pada tahun 1906 dan 1989, Gempa 1906 dengan magnitudo 7.8 Mw membuat kota ini hancur terbakar dan membuat 3000 orang tewas. Dan Gempa 1989 dengan kekuatan 6,9 Mw membuat 63 orang tewas dan membuat kota ini hancur. Dan diperediksi Sesar ini akan membuat gempa berkekuatan 7,8 SKR dan akan mengancam Los Angles.
      
     3. New Madrid Seismic Zones 


Pada Abad 19 di sekitar derah New Madrid terjadi 3 Gempa Besar gempa pertama terjadi tanggal 16 Desember 1811 Gempa tersebut mengguncang timur laut Arkansas dengan kekuatan 7,7 Mw membuat banyak bangunan rusak dan runtuh dan membuat skala intesitas 9 atau keras. Gempa Kedua Terjadi pada tanggal 23 Januari 1812 mengguncang dengat kekuatan 7,5 Mw di Missiouri Bootheel membuat tanah membelok, longsor dan lainnya.  Gempa ketiga terjadi di New Madrid dengan kekuatan 8.6 Mw pada 2 Februari 1812 membuat kerusakan besar dan membuat sungai Mississippi berubah arah. Membuat Sesar naik yang membuat air terjun di sungai Mississippi. Padahal di daerah tersebut tidak memiliki pertemuan lempeng. Gempa ini di sebut Gempa Intraplate atau di luar lempeng. Gempa tipe ini sangatlah jarang terjadi di bumi saja gempa Intraplate dengan magnitudo besar saja hanya terjadi 6 kali 5 Amerika 1 di India. Penyebab gempa ini masih belom diketahui. Di New Madrid saja Gempa susulannya sangat banyak. Gempa Intraplet terakhir terjadi di Virginia, Amerika pada tahun 2011 dengan kekuatan 5,9 SKR. Dan diprediksi Lempeng ini akan kembali bereaksi seperti tahun 1811 dan 1812 dengan kekuatan yang sama.   


2. Jepang 


Jepang kalo soal Gempa kita akan selalu ke Jepang. Pada tahun 2011 gempa berkekuan 9,0 SKR terjadi di Lepas pantai timur Jepang. Jepang mempunyai 3 lempeng yaitu lempeng Eurasia, filipina dan pasifik. Di jepang daerah yang di prediksi akan terkena Gempa dan tsunami besar adalah Tokyo. pada tahun 1923 Jepang di guncang gempa besar yang membuat Tokyo dan Yokohama hancur karena terbakar dan membuat 100.000 orang tewas. Dan menurut 70 persen ilmuan gempa disana Tokyo terancam gempa dengan kekuatan 7-8 SKR. 

Bila itu terjadi Gedung di sana akan terguncang kencang dan bisa saja menimbulkan Tsunami dan kembali aktifnya Gunung Fuji.  

3. Indonesia 


Indonesia? ya negara kita ini adalah salah satu yang terancam akan gempa besar. Daerah itu meliputi Sumatra Barat, Bengkulu, Banten, Sukabumi, Jakarta, Bogor, dan Bandung.  Dari wilayah tadi sekarang kita akan jadikan 2 kelompok. Yaitu 


   1. Subduksi 


Subduksi adalah pertemuan kedua lempeng yang satunya bergerak di bawah lempeng satunya. Lempeng yang berada diatas bisa menekuk karena kedua lempeng itu terjebit akibat batu atau lainnya yang membuat lempeng diatas menekuk dan saat sudah lempeng yang diatas sudah di titik kritis lempeng itu melepas energinya dan menghasilkan Gempa. Daerah yang bisa terkena dampak Subduksi adalah Sumatra Barat, Bengkulu, dan Banten. Sumbar dan Bengkulu sangatlah terancam dengan gempa dengan kekuatan 8,0 - 9,0 SKR. ini diakibatkan siklus 200 tahunan gempa padang bila itu terjadi akan terjadi Tsunami dan kehancuran di Sumbar dan Bengkulu. Kedua Banten kenapa banten? banten adalah provinsi yang paling dekat dengan Subduksi Selat Sunda yang kemungkinan diancam dengan kekuatan 8,7 SKR Bila itu terjadi Sukabumi, Bogor dan Jakarta akan ikut Goyang dan akan ada kerusakan di Jakarta. Tsunami akan terjadi di Anyer, dan pantai-pantai di sekitar  
Selat Sunda.

  2. Sesar 


Sesar adalah kedua lempeng yang bergerak dengan cara bergeser, Naik, dan turun. Di Sukabumi contohnya di Sukabumi terdapat 1 sesar yang bernama Sesar Cimandiri yang memanjang hingga Bogor dan berpotensi gempa dengan kekuatan 7 SKR bila itu terjadi Jakarta, Bogor, Bekasi, Sukabumi , dan lain lain akan merasakan Guncangan yang sangat besar. Dan di Bandung terdapat Sesar yang bernama Sesar Lembang yang berada di Lembang, Bandung.  Lempeng ini berpotensi gempa 7 SKR dan bila itu bergeser Bandung akan tergoncang keras dan bisa saja terjadi banyak Longsor Besar di Bandung.  


Munkin itu saja yang bisa saya berikan betul atau tidaknya akan kita serahkan kepadanya. Aamiin 


Wassalam













Tidak ada komentar:

Posting Komentar